7 Perpustakaan Terbesar di Dunia

Orang-orang punya beragam alasan untuk pergi ke perpustakaan. Bisa karena ingin mencari pengetahuan, meminjam buku, sampai sekadar ingin menikmati suasananya yang tenang. Lebih asyik lagi jika perpustakaan tersebut menyediakan koleksi yang banyak dan lengkap. Kita bisa memanfaatkannya untuk menunjang keperluan sekolah, pekerjaan, riset pribadi, atau hal lainnya.

Ada beberapa perpustakaan di dunia yang sangat besar dan megah. Tidak hanya buku yang disediakan di sana, tetapi juga berbagai sumber pengetahuan lain seperti literatur, manuskrip, koran, peta, lukisan, dan sebagainya. Dekorasi ruangannya juga berkesan menarik, bahkan kuno. Ingin tahu apa saja perpustakaan terbesar di dunia? Mari kita simak!

7. National Library of China – Beijing, Cina (31,2 Juta Item)

Perpustakaan dengan koleksi dari 115 bahasa asing (travel.nationalgeographic.com)

 

Salah satu perpustakaan terbesar di Asia adalah National Library of China, Beijing. Tidak hanya berisikan koleksi literatur Cina yang beragam dari teks hingga tulisan kuno, perpustakaan ini juga berisikan koleksi item berbahasa asing dengan jumlah terbesar, yakni lebih dari 115 bahasa.

Jumlah koleksi perpustakaan yang mencapai 31,2 Juta item membuat National Library of China memberi kepuasan bagi para penggemar buku. Ditambah lagi, literatur-literatur kuno tersebut tidak hanya dituliskan secara biasa. Sebagian ditulis atau diukir secara langsung pada tengkorak atau cangkang kura-kura.

6. National Diet Library – Tokyo, Jepang (35,6 Juta Item)

Sebagian koleksi buku National Diet Library (www.maff.go.jp)

Tempat ini merupakan satu-satunya perpustakaan nasional di Jepang. Dibangun pada 1948, National Diet Library mempunyai 2 cabang utama yakni di Tokyo dan juga Kyoto, serta 27 cabang lain di Jepang. Perpustakaan ini mengoleksi banyak sekali dokumen resmi terkait Perang Dunia dan juga literatur kuno Jepang, asli dari perpustakaan kerajaannya.

National Diet Library dibangun dengan tujuan untuk melakukan riset terkait kebijakan umum. Kini total koleksinya telahmencapai 35,6 juta item dengan 1 juta pengunjung setiap tahunnya. Hal itu tidaklah mengherankan karena jenis informasi yang tersedia sangat beragam, seperti agama, politik, hukum, peta, musik, pengetahuan dan masih banyak lagi.

5. National Library of Russia – Saint Petersburg, Rusia (36,5 Juta Item)

Bangunan indah National Library of Russia (en.wikipedia.org)

National Library of Russia adalah perpustakaan tertua di Rusia yang dibangun pada 1795. Tempat ini terbuka untuk umum dan para pengunjungnya dapat membaca berbagai koleksi berkualitas secara gratis. Koleksi-koleksi tersebut berisikan sejarah, warisan nasional, riset, kebudayaan, dan masih banyak informasi lain khususnya tentang Rusia.

Kalau kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang Rusia, perpustakaan ini adalah pilihan paling tepat untuk dikunjungi. Sebab jumlah koleksinya mencapai 36,5 juta item.

4. Russian State Library – Moscow, Rusia (44,4 Juta Item)

Perpustakaan terbesar di Rusia (facts.fm)

Walaupun memiliki nama yang berarti sama dengan National Library of Russia, Russian State Library dan National Library of Russia adalah dua perpustakaan yang berbeda satu sama lainnya. Perpustakaan utama Russian State Library terletak di Moscow sedangkan National Library of Russia terletak di Saint Petersburg.

Russian State Library adalah perpustakaan terbesar yang ada di Rusia yang juga dikenal sebagai salah satu perpustakaan nasional dengan total koleksi mencapai 44,4 juta Item. Setiap tahunnya, jumlah pengunjung mencapai 1,17 juta orang jumlah pendaftar mencapai 200 orang setiap harinya.

3. New York Public Library – New York, US (53,1 Juta Item)

Keindahan New York Public Library (www.nbcnews.com)

Perpustakaan umum New York adalah perpustakaan yang terkenal akan struktur, lingkungan dan juga ukurannya yang besar. Perpustakaan ini mengoleksi sekitar 53,1 juta koleksi item perpustakaan yang terbagi menjadi 87 cabang. Para pengunjung dapat meminjam buku yang diinginkan namun ada beberapa cabang riset yang tidak diperbolehkan untuk dipinjam. Perpustakaan umum New York juga pernah masuk dalam film-film Hollywood seperti The Day After Tomorrow dan Ghostbusters.

Uniknya, perpustakaan umum New York dikelola secara pribadi sebagai organisasi nonprofit dengan dana dari publik. Selain itu, ada juga sumber dana pribadi yang membuat perpustakaan ini tidak kalah dibandingkan perpustakaan-perpustakaan nasional negara lain.

2. Library of Congress – Washington, D.C., US (151,8 Juta Item)

Perpustakaan indah di Washington (fillthewell.com)

Library of Congress sering disebut-sebut sebagai perpustakaan terbesar di muka bumi, bahkan oleh Guinness, Buku Rekor Dunia. Pernyataan itu benar jika dilihat dari banyaknya ruang rak yang tersedia. Namun sayangnya Library of Congress masih kalah dari British Library jika dilihat dari banyaknya buku yang tersedia.

Jika kamu pernah menonton film National Treasure: Book of Secrets, maka berarti kamu sudah melihat secara sekilas perpustakaan menakjubkan ini. Dengan struktur yang luar biasa menakjubkan serta koleksi buku yang diperkirakan mencapai 151,8 juta item, tidaklah mengherankan jika perpustakaan ini menjadi perpustakaan nasional Amerika Serikat. Library of Congress memang terbuka untuk umum, namun hanya para pejabat tinggi Amerika yang dapat meminjam buku di dalam perpustakaan tersebut.

1. British Library – London, UK (170 Juta Item)

Ruang baca di British Library (pallmallenvironmental.com)

Inilah perpustakaan terbesar di dunia berdasarkan jumlah koleksinya. British Library merupakan perpustakaan nasional United Kingdom (UK) yang berisikan lebih dari 170 juta item perpustakaan, bahkan setiap tahunnya koleksi tersebut diperkirakan akan bertambah sebanyak 3 juta item.

Ada sebuah fakta unik tentang British Library. Jika kamu melihat 5 item koleksi setiap harinya, dibutuhkan 80.000 tahun untuk melihat keseluruhan koleksi perpustakaan terbesar dunia ini.

Sumber: http://www.isigood.com/guyonan/buat-kamu-yang-hobi-membaca-yuk-intip-7-perpustakaan-terbesar-di-dunia/

Iklan

Posted on 2 Juni 2015, in Education. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: